Daisypath Anniversary tickers

our First Baby

Lilypie - Personal pictureLilypie Maternity tickers
Souvenir
untuk Souvenir aku bikin sendiri loh... jadi lebih murah deh.. walaupun agak menyita waktu juga.. soalnya kan aku kerja, jadi ngerjainya pas malam hari dan sabtu-minggu..

Bahan souvenirku dari flanel, berbentuk boneka pengantin.. pada pernikahanku aku menggunakan adat jawa, boneka souvenirku berbusana jawa walaupun ada yg international juga.. serta dari berbagai daerah di Indonesia..

Kain flanel merupakan bahan dasar yang unik yang dapat di kreasikan ke berbagai macam bentuk yang lucu dan menarik, produk-produk yang terbuat dari kain flanel merupakan produk multi fungsi dan cocok di gunakan oleh segala macam usia.
langkah2 dalam pembuatan souvenir bonekaku adalah sebagi berikut :
  1. Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flanel warna coklat tua dan muda, warna salem ( untuk kepala dan telapak tangan), warna hitam untuk rambut, benang sulam dengan warna yang sesuai dengan warna flanel, jarum, gunting, manik-manik hitam, dan lem serbaguna serta aneka pita, kapas dakron
  2. Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).
  3. Gunakanlah kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
  4. Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flanel. Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
  5. Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat flanel pada pinggir jahitan dengan menggunakan gunting.

Hasilnya kurang lebih akan seperti ini :

a. Boneka DKI jakarta



b. Boneka Bali

















Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar